LAPORAN OBSERVASI PRAKTIK PERBANKAN PROGRAM STUDI EKONOMI DAN
PERBANKAN ISLAM (P3EPI)
Diajukan sebagai syarat
melakukan Praktik Perbankan pada Fakultas Agama Islam Prodi Muamalat
Konsentrasi Ekonomi dan Perbankan Islam (EPI)
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Disusun oleh :
Vera Septinawati (20130720254)
Arini Leviani S.W (20130730259)
Fakultas
Agama Islam
Program
Studi Ekonomi Perbankan Islam
Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta
2016
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Pengenalan
Lembaga
1. Sejarah
Bank Syariah Mandiri
Nilai-nilai perusahaan yang menjunjung
tinggi kemanusiaan dan integritas telah tertanam kuat pada segenap insan Bank
Syariah Mandiri (BSM) sejak awal pendiriannya.
Kehadiran BSM sejak tahun 1999,
sesungguhnya merupakan hikmah sekaligus berkah pasca krisis ekonomi dan
moneter 1997-1998. Sebagaimana diketahui, krisis ekonomi dan moneter sejak Juli
1997, yang disusul dengan krisis multi-dimensi termasuk di panggung politik
nasional, telah menimbulkan beragam dampak negatif yang sangat hebat terhadap
seluruh sendi kehidupan masyarakat, tidak terkecuali dunia usaha. Dalam kondisi
tersebut, industri perbankan nasional yang didominasi oleh bank-bank
konvensional mengalami krisis luar biasa. Pemerintah akhirnya mengambil
tindakan dengan merestrukturisasi dan merekapitalisasi sebagian bank-bank di
Indonesia.
Salah satu bank konvensional, PT Bank
Susila Bakti (BSB) yang dimiliki oleh Yayasan Kesejahteraan Pegawai (YKP) PT
Bank Dagang Negara dan PT Mahkota Prestasi juga terkena dampak krisis. BSB
berusaha keluar dari situasi tersebut dengan melakukan upaya merger dengan beberapa bank lain serta
mengundang investor asing.
Pada saat bersamaan, pemerintah
melakukan penggabungan (merger) empat
bank (Bank Dagang Negara, Bank Bumi Daya, Bank Exim, dan Bapindo) menjadi satu
bank baru bernama PT Bank Mandiri (Persero) pada tanggal 31 Juli 1999.
Kebijakan penggabungan tersebut juga menempatkan dan menetapkan PT Bank Mandiri
(Persero) Tbk. sebagai pemilik mayoritas baru BSB.
Sebagai tindak lanjut dari keputusan merger, Bank Mandiri melakukan
konsolidasi serta membentuk Tim Pengembangan Perbankan Syariah. Pembentukan tim
ini bertujuan untuk mengembangkan layanan perbankan syariah di kelompok
perusahaan Bank Mandiri, sebagai respon atas diberlakukannya UU No. 10 tahun
1998, yang memberi peluang bank umum untuk melayani transaksi syariah (dual banking system).
Tim Pengembangan Perbankan Syariah
memandang bahwa pemberlakuan UU tersebut merupakan momentum yang tepat untuk
melakukan konversi PT Bank Susila Bakti dari bank konvensional menjadi bank
syariah. Oleh karenanya, Tim Pengembangan Perbankan Syariah segera
mempersiapkan sistem dan infrastrukturnya, sehingga kegiatan usaha BSB berubah
dari bank konvensional menjadi bank yang beroperasi berdasarkan prinsip syariah
dengan nama PT Bank Syariah Mandiri sebagaimana tercantum dalam Akta Notaris:
Sutjipto, SH, No. 23 tanggal 8 September 1999.
Perubahan kegiatan usaha BSB menjadi
bank umum syariah dikukuhkan oleh Gubernur Bank Indonesia melalui SK
Gubernur BI No. 1/24/ KEP.BI/1999, 25 Oktober 1999. Selanjutnya, melalui Surat
Keputusan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia No. 1/1/KEP.DGS/ 1999, BI
menyetujui perubahan nama menjadi PT Bank Syariah Mandiri. Menyusul pengukuhan
dan pengakuan legal tersebut, PT Bank Syariah Mandiri secara resmi mulai
beroperasi sejak Senin tanggal 25 Rajab 1420 H atau tanggal 1 November 1999.
PT Bank Syariah Mandiri hadir, tampil
dan tumbuh sebagai bank yang mampu memadukan idealisme usaha dengan
nilai-nilai rohani, yang melandasi kegiatan operasionalnya. Harmoni antara
idealisme usaha dan nilai-nilai rohani inilah yang menjadi salah satu
keunggulan Bank Syariah Mandiri dalam kiprahnya di perbankan Indonesia. BSM
hadir untuk bersama membangun Indonesia menuju Indonesia yang lebih baik.
2. Profil Bank Syariah Mandiri
Kantor Cabang Pembantu (KCP) Wirobrajan
Nama : PT Bank Syariah Mandiri
Alamat
: Jalan HOS Cokroaminoto No. 33A, Yogyakarta
No.
Telepon : (0274) 5304007
BSM
Call Center : 14040 atau (021) 2953 4040
Situs Web : www.syariahmandiri.co.id
Kode
Bank : 451
Nomer
Kode : ID0010577
LAYANAN
:
-
Kantor Cabang Pembantu (Dalam Negeri)
Syariah
3. Visi dan Misi
Bank Syariah Mandiri
Visi
“Bank
Syariah Terdepan dan Modern”
Bank Syariah Terdepan:
Menjadi bank syariah yang selalu unggul di antara pelaku industri perbankan
syariah di Indonesia pada segmen customer, micro, SME, commercial dan corporate.
Bank Syariah Modern :
Menjadi bank syariah dengan sistem layanan dan teknologi mutakhir yang
melampaui harapan nasabah.
Misi
a.
Mewujudkan pertumbuhan dan keuntungan
di atas rata-rata industri yang berkesinambungan.
b. Meningkatkan kualitas produk dan
layanan berbasis tekonologi yang melampaui harapan nasabah.
c.
Mengutamakan penghimpunan dana murah
dan penyaluran pembiayaan pada segmen ritel.
d.
Mengembangkan bisnis atas dasar
nilai-nilai syariah universal.
e.
Mengembangkan manajemen talenta dan
lingkungan kerja yang sehat.
f.
Meningkatkan kepedulian terhadap
masyarakat dan lingkungan.
B.
Sumber
Daya Manusia
Sebatas yang kita ketahui, sumber daya
manusia di BSM KCP Wirobrajan cukup berkompeten dalam bidang perbankan syariah,
sehingga diharapkan kita dapat dibimbing dan belajar secara mendalam tentang
praktik di dalam perbankan syariah yang sesungguhnya.
C. Lingkungan
Kerja
1. Internal
BSM KCP Wirobrajan mengembangkan
lingkungan kerja yang berasaskan pada prinsip loyalitas kerja yang sesuai
dengan prinsip syariah, hal ini tentunya sesuai dengan semangat yang
mengedepankan asas profesionalitas dan efisiensi kerja. Hal tersebut terlihat
dari tidak adanya kecanggungan antara karyawan dalam berkomunikasi terlebih
dalam hal berdiskusi mengenai informasi terbaru terkait dengan lembaga keuangan
syariah, hal ini terlihat dari pelayanan kepada nasabah yang sangat baik dan
ramah, sehingga mendapatkan lingkungan kerja yang sesuai dengan sistem
operasional perbankan syariah.
BSM KCP Wirobrajan di dalam lembaganya
sangat baik, hal ini tercermin dari keramahan customer service yang menghadapi nasabah, seperti contoh ketika
saya menanyakan magang, customer service
segera menghubungi supervisior dan
dilakukan komunikasi secara ramah, akan tetapi ketika saya ingin bertemu
langsung dengan supervisior belum
diperkenankan karena supervisiornya sedang sibuk, selain customer service, pelayanannya sangat cepat meskipun antriannya
banyak, akan tetapi nasabah setia menunggu karena didalamnya memiliki tempat
duduk yang nyaman, sejuk dan interior ruangan yang tidak membosankan.
2. Eksternal
BSM KCP Wirobrajan
didirikan di lokasi keramaian kota Yogyakarta, dimana dekat Asri Medical
Center (AMC) dan kampus Pasar Klitikan.
Belum lagi di lokasi tersebut banyak terdapat SMA, Jogja National Museum
disekitar BSM KCP Wirobrajan. Mungkin dari sini BSM KCP Wirobrajan memilih
lokasi ini karena terdapat banyak ruko-ruko dan pasar yang mana sangat
berpotensi untuk mendapatkan nasabah simpanan dan pembiayaan.
D. Keistimewaan
Lembaga
Keistimewaan lembaga
ini adalah lembaga perbankan syariah ini dapat menerima magang dan bisa
ditempatkan di hampir semua lingkup (Customer Service dan juga AO), mahasiswa
dapat mengexplore seluruh divisi kecuali teller, sehingga kita dapat melakukan
praktik perbankan yang sesungguhnya di Bank Syariah karena terkadang tidak
semua bank memberikan keluasaan bagi orang magang. Tempatnya yang strategis
memberi kemudahan bagi nasabah untuk datang ke BSM KCP Wirobrajan yang terletak
di Jalan Raya Hos Cokroaminoto. Selain itu, lokasi BSM KCP Wirobrajan di Jalan
Hos Cokroaminoto adalah salah satu jalan ramai dan salah satu akses jalan untuk
ke pusat kota Yogyakarta. BSM KCP Wirobrajan berada dekat dengan Pasar Klitikan
yaitu salah satu pasar terbesar di kota Yogyakarta. Hal ini memungkinkan bahwa
BSM KCP Wirobrajan mudah dikenal dan dicari oleh orang-orang disekitarnya.
Selain itu, BSM KCP Wirobrajan juga dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan
(LPS), sehingga nasabah simpanan tidak akan resah dan takut akan kehilangan
atas dananya.
BAB II
RUANG LINGKUP OPERASIONAL
A.
Sasaran
Operasional (market)
BSM KCP Wirobrajan mempunyai beragam produk-produk pendanaan dan
pembiayaan, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar BSM KCP Wirobrajan dan
nasabah-nasabahnya. Sasaran operasional BSM KCP Wirobrajan adalah para pengusaha disepanjang
Jalan Raya Hos Cokroaminoto.
B.
Jenis-jenis Nasabah Pengguna
Jenis-jenis nasabah dari
BSM KCP Wirobrajan terdiri dari semua golongan masyarakat diantaranya dari
kalangan masyarakat perdesaan, pegawai negeri, pegawai swasta serta pengusaha
UMKM. Biasanya pengusaha banyak yang menggunakan pembiayaan untuk keperluan
usaha seperti untuk menambah modal untuk usaha yang diinginkannya sesuai dengan
akad yang digunakan.
C. Jangkauan dan Sebaran Wilayah Nasabah
Jangkauan dan sebaran nasabah BSM KCP Wirobrajan mencakup sebaran yang
cukup yaitu disekitaran wilayah Jalan Hos Cokroaminoto, seperti Gamping, Sleman.
Hal ini sesuai dengan misi dari BSM KCP Wirobrajan yang berperan meningkatkan
kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
BAB III
PRODUK DAN KEUNGGULAN
A.
Produk Penghimpun Dana Bank Syariah
Mandiri
1. Tabungan
a) Tabungan BSM
Tabungan BSM
merupakan tabungan dalam mata uang rupiah yang dilakukan berdasarkan
prinsip-prinsip syariah dengan akad mudharabah muthlaqah. Akad mudharabah
muthlaqah adalah akad antara nasabah dan bank dimana nasabah memberikan
kekuasaan penuh kepada pihak bank untuk mempergunakan dana milik nasabah untuk
usaha yang dianggapnya baik dan menguntungkan. Bank Syariah Mandiri menawarkan
bagi hasil yang kompetitif bagi nasabah atas hasil dari usaha tersebut.
b) BSM Tabungan Berencana Sama dengan
Tabungan BSM,
BSM Tabungan
Berencana ini juga menggunakan prinsip mudharabah muthlaqah. Hanya saja pada
tabungan berencana ini Bank Syariah Mandiri memberikan nisbah bagi hasil
berjenjang serta kepastian pencapaian target dana yang telah ditetapkan.
c) BSM Tabungan Simpatik
Tabungan simpatik ini menggunakan akad wadiah
(titipan) yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat berdasarkan
syarat-syarat yang disepakati.
d) BSM Tabungan Investa Cendekia
Tabungan
investa cendikia ini adalah tabungan berjangka yang ditujukan untuk keperluan
uang pendidikan dengan jumlah setoran bulanan tetap dan dilengkapi asurasi.
Tabungan investa cendikia menggunakan akad mudharabah muthlaqah.
e) BSM Tabungan Dollar
Tabungan
Dollar BSM adalah tabungan dalam mata uang dollar amerika (USD) dimana
penarikan dan setorannya dapat dilakukan setiap saat atau sesuai ketentuan BSM.
Tabungan Dollar BSM ini menggunakan akad wadi’ah yad dhamanah (simpanan
dijamin), artinya uang yang dititipkan kepada bank dapat dimanfaatkan oleh
pihak bank. Apabila dari hasil pemanfaatan tersebut diperoleh keuntungan maka
seluruhnya menjadi hak bank.
f) BSM Tabungan Pensiun
Tabungan
Pensiun BSM ini merupakan tabungan hasil kerjasama pihak Bank Syariah Mandiri
dengan PT Taspen. Tabungan ini dikhususkan untuk pensiunan pegawai negeri di
Indonesia dengan menggunakan mata uang rupiah dan akad mudharabah mutlaqah.
g) BSM Tabunganku
TabunganKu
atau TabunganKu iB adalah tabungan untuk perorangan dengan persyaratan mudah
dan ringan yang diterbitkan secara bersama oleh bank-bank di Indonesia guna
menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Tabunganku di Bank Syariah Mandiri menggunakan akad wadhi’ah yad dhamanah
h) BSM Tabungan Mabrur
Tabungan
Marbrur adalah tabungan dalam mata uang rupiah dengan akad mudharabah muthlaqah
yang diperuntukan untuk membantu pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
i)
BSM
Tabungan Mabrur Junior Sama dengan BSM Tabungan Mabrur, hanya saja tabungan ini
dikhusukan bagi anak dibawah umur.
2. Giro
a)
BSM
Giro Merupakan sarana penyimpanan dana dalam mata uang rupiah melalui akad
wadiah yad dhamanah.
b)
BSM
Giro Valas Sarana penyimpanan dana dalam mata uang dollar amerika (USD)
berdasarkan akad wadiah yad dhamanah.
c)
BSM
Giro Singapore Dollar Sebagai sarana penyimpanan dana dalam mata uang dollar
singapore (SGD) berdasarkan prinsip akad wadiah yad dhamanah.
d)
BSM
Giro Euro Sarana penyimpanan dana dalam bentuk EURO melalui akad wadiah yad
dhamanah.
3. Deposito
a)
BSM
Deposito Merupakan investasi berjangka waktu tertentu dalam bentuk mata uang
rupiah yang dikelola sesuai dengan prinsip akad Mudharabah Muthlaqah.
b)
BSM
Deposito Valas Adalah investasi berjangka waktu tertentu dalam bentuk mata uang
dollar (USD) yang sesuai dengan akad Mudharabah Muthlaqah.
B.
Produk Pembiayaan Bank Syariah
Mandiri
1. BSM Implan
Adalah pembiayaan konsumer dalam bentuk valuta rupiah yang diberikan oleh
bank kepada karyawan tetap Perusahaan yang pengajuannya dilakukan secara massal
(kelompok). BSM Implan dapat mengakomodir kebutuhan pembiayaan bagi para
karyawan perusahaan. Akad BSM Implan menggunakan akad Wakalah wal Murabahah
untuk pembelian barang, sedangkan akad
Wakalah wal Ijarah digunakan untuk memperoleh manfaat atas jasa.
2. Pembiayaan Peralatan Kedokteran
Merupakan pembiayaan kepada para profesional di bidang
kedokteran/kesehatan untuk pembelian peralatan kedokteran dengan akad murabahah,
yaitu akad jual beli antara bank dan nasabah, dimana bank membeli barang yang
dibutuhkan dan menjualnya kepada nasabah sebesar harga pokok ditambah dengan
keuntungan margin yang disepakati.
3. Pembiayaan Edukasi BSM
Pembiayaan jangka pendek dan menengah yang digunakan untuk memenuhi
kebutuhan uang masuk sekolah/perguruan tinggi/lembaga pendidikan lainnya atau
uang pendidikan pada saat pendaftaran tahun ajaran/semester baru berikutnya
dengan akad ijarah.
4. Pembiayaan Kepada Pensiunan
Pembiayaan konsumer (termasuk untuk pembiayaan multiguna) kepada para
pensuinan, dengan pembayaran angsuran dilakukan melalui pemotongan uang pensiun
langsung yang diterima oleh bank setiap bulan (pensiun bulanan) melalui akad
murabahah atau ijarah.
5. Pembiayaan Kepada Koperasi Karyawan
untuk Para Anggotanya
Penyaluran pembiayaan kepada/melalui koperasi karyawan untuk pemenuhan
kebutuhan para anggotanya (kolektif) yang mengajukan pembiayaan melalui
koperasi karyawan.
6. Pembiayaan Griya BSM Pembiayaan
jangka pendek, menengah, atau panjang untuk membiayai pembelian rumah dengan
akad murabahah.
7. Pembiayaan Griya BSM Bersubsidi
Pembiayaan untuk pemilikan atau pembelian rumah sederhana sehat (RS Sehat/RSH)
dengan dukungan fasilitas subsidi uang muka dari pemerintah. Pembiayaan Griya
BSM Bersubsidi ini menggunakan akad murabahah.
8. Pembiayaan Kendaraan Bermotor
Pembiayaan untuk pembelian kendaraan bermotor dengan akad murabahah.
9. Pembiayaan Umrah Pembiayaan Umrah
adalah pembiayaan jangka pendek yang digunakan untuk memfasilitasi kebutuhan
biaya perjalanan umrah dengan akad Ijarah.
10. Pembiayaan Talangan Haji Pinjaman
dana talangan dari bank kepada nasabah khusus untuk menutupi kekurangan dana
untuk memperoleh kursi/seat haji dan pada saat pelunasan BPIH.
11. BSM Gadai Emas Pembiayaan atas dasar
jaminan berupa emas sebagai salah satu alternatif memperoleh uang tunai dengan
cepat.
12. BSM Cicil Emas Fasilitas yang
disediakan oleh BSM untuk membantu nasabah untuk membiayai
pembelian/kepemilikan emas berupa lantakan (batangan).
C. Keunggulan Produk
Keunggulan dari produk-produk yang
ditawarkan oleh BSM KCP Wirobrajan adalah terdapatnya produk cicil emas dan
warung mikro dan berbagai pilihan bagi nasabah baik yang akan menabung maupun
yang ingin mengajukan pembiayaan, sehingga memudahkan pihak nasabah untuk
memilih sesuai kebutuhan pihak nasabah. dan yang pasti telah terdaftar dalam
Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
BAB IV
PENUTUP
- Kesimpulan
Kondisi lingkungan BSM KCP Wirobrajan yang cukup kondusif, tempat
strategis yang terletak di tengah kota dan produk-produk unggulan yang
ditawarkan kepada nasabah membuat minat bagi kami untuk ikut berkecimpung di
dalam lembaga keuangan syariah ini dalam hal menimba ilmu melalui magang.
Laporan ini merupakan gambaran
awal tentang BSM KCP Wirobrajan yang dapat saya tulis untuk memenuhi
persyaratan magang. Semoga dengan adanya kegiatan praktik perbankan (magang)
ini bisa memperdalam pengetahuan tentang ilmu internal dan eksternal perbankan,
mampu meningkatkan kualitas, potensi dan loyalitas diri, serta memberi
pengalaman yang sangat bermanfaat untuk langkah awal memperkenalkan diri dalam
dunia kerja yang nyata.
- Alasan Memilih Objek Magang
Alasan kami memilih magang di BSM KCP
Wirobrajan yaitu :
1. Tempatnya yang strategis di Jalan
raya HOS Cokroaminoto
2. Jarak tempuh tempat magang dari kos tidak
terlalu jauh
3. Magang di BSM KCP Wirobrajan dapat di
posisikan di semua bagian untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya kecuali teller
4.
Ingin
memperoleh pengetahuan dalam produk yang ditawarkan di BSM KCP Wirobrajan
C.
Harapan-harapan
1. Bisa menjalankan sistem perbankan dengan baik yang
selama ini dipelajari dikampus.
2.
Memperkuat pengetahuan teoritis
terhadap kegiatan operasional Bank Syari’ah.
3.
Dapat berkontribusi dalam
mengoperasionalkan sistem-sistem yang berjalan sesuaian dengan prinsip
kesyari’ahan.
4.
Dapat ditempatkan sesuai dengan posisi
yang diharapkan .
5.
Mendapatkan pengetahuan dan tranning sebelum
masuk dunia kerja.
LAMPIRAN
1. Denah Lokasi
Jalan HOS Cokroaminoto No. 33A, Yogyakarta
2.
Bagan Organisasi
3.
Foto Hasil Observasi
Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
BalasHapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut